Cooling System, Jelang Pemilu 2024 Bhabinkamtibmas Polsek Peureulak dan Babinsa Koramil 04 Sambang Warga Bersama

Tribrata News Polres Aceh Timur Polda Aceh – Jelang Pemilu 2024, keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjadi perhatian utama bagi pemerintah dan aparat keamanan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah patroli kamtibmas di wilayah desa binaan. Dalam hal ini, Bhabinkamtibmas beserta Babinsa Peureulak, Aipda Ari Wibowo bersama Serda Sahrizal dan Kopda Sri Wahyono turut serta melaksanakan tugas tersebut, Selasa, (16/01/2024).
Dalam sambang tersebut, Bhabinkamtibmas dan Babinsa melakukan dialog dengan warga untuk mendapatkan informasi terkait potensi kerawanan yang ada di lingkungan mereka. Selain itu, mereka juga memberikan sosialisasi kepada warga tentang pentingnya menjaga kedamaian dan tidak terprovokasi oleh isu-isu yang dapat memecah belah persatuan.
“Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak kepolisian dalam menjaga kamtibmas di tingkat desa atau kelurahan. Sedangkan Babinsa adalah anggota TNI yang bertugas sebagai penghubung antara TNI dengan masyarakat di tingkat desa atau kelurahan. Keduanya memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas keamanan jelang pemilu,” ujar Kapolsek Peureulak AKP Muslim Siregar, S.H.
Menurutnya, sambang warga dilakukan untuk memantau situasi dan kondisi wilayah binaan secara rutin. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi adanya potensi kerawanan atau gangguan kamtibmas yang dapat mengganggu rasa aman warga. Selain itu, patroli juga berfungsi sebagai bentuk preventif guna mencegah terjadinya pelanggaran hukum khususnya di wilayah desa binaan.
Sambang ini merupakan upaya nyata dalam menjaga keamanan jelang Pemilu 2024 terutama di wilayah yang menjadi binaan Bhabinkamtibmas dan Babinsa dan diharapkan potensi kerawanan dapat diminimalisir, sehingga Pemilu dapat berjalan dengan lancar, aman, dan demokratis,” terang Kapolsek. (Iwan Gunawan).