Pemeriksaan Kesehatan Berkala Bid Dokkes Polda Aceh di Polres Aceh Timur

Pemeriksaan Kesehatan Berkala Bid Dokkes Polda Aceh di Polres Aceh Timur
Pemeriksaan Kesehatan Berkala Bid Dokkes Polda Aceh di Polres Aceh Timur

Tribrata News Polres Aceh Timur Polda Aceh-Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bid Dokkes) Polda Aceh melakukan pemeriksaan kesehatan berkala (Rikkesla) di Polres Aceh Timur, Rabu (20/09/2023). Rikkesla ini dalam rangka memelihara dan meningkatkan kesehatan personel Polri untuk mendukung pelaksanaan tugas Kepolisian.

AKBP dr. Denny Herry Wardana, S.K.M yang memimpin Rikkesla ini mengatakan, tujuan diadakannya Rikkesla ini adalah untuk deteksi dini terhadap berbagai jenis penyakit atau kelainan kesehatan, sehingga dapat sesegera mungkin diambil tindakan medis.

Selain itu juga untuk memantau kondisi kesehatan anggota Polri Polres Aceh Timur guna pemeliharaan, perlindungan dan pembinaan dalam mencegah serta mengurangi penyakit degeneratif yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas.

Pemeriksaan kesehatan berkala dimulai tahapan pendaftaran bagi anggota, kemudian pemberian formulir, pengambilan sample darah, urine, pengecekan fisik (tinggi badan, berat badan), observasi tanda-tanda vital (cek tekanan darah, nadi), pemeriksaan gigi, pengecekan EKG, Foto Thorax, Pemeriksaan Odontigram dan dan terakhir pengisian pertanyaan dalam therapy kesehatan jiwa.

“Apabila nantinya dalam hasil pemeriksaan diketahui ada anggota Polri yang menderita penyakit tertentu, akan diberikan penjelasan dan diserahkan kepada pihak BPJS selaku pihak penjamin untuk selanjutnya dilaksanakan upaya perawatan dan penyembuhan.” Ujar AKBP dr. Denny Herry Wardana, S.K.M.

Selain Tim dari Bid Dokkes Polda Aceh, dalam Rikkesla yang dilaksanakan di Aula Bhara Daksa Polres Aceh Timur kali ini juga melibatkan Siedokkes Polres Aceh Timur dan Klinik Bunda Thamrin Medan. (Iwan Gunawan).