Peran Bhabinkamtibmas Polsek Peureulak Polres Aceh Timur dan Babinsa Dalam Menangani ODGJ

Tribrata News Polres Aceh Timur Polda Aceh-Sinergitas TNI-Polri diimplementasikan oleh Polsek Peureulak Polres Aceh Timur dan Koramil 04/PLK dengan turun langsung membantu mengamankan warga yang mengalami gangguan jiwa (ODGJ).

Setelah diberikan pemahaman oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa, orang tua ODGJ yang meresahkan warg Desa Blang Balok ini akan membawa anaknya ke Aceh Tengah yang nantinya dibawa ke Rumah Sakit Jiwa Banda Aceh.

Kapolres Aceh Timur AKBP Andy Rahmansyah, S.I.K.,S.H.,M.H. melalui Kapolsek Peureulak AKP Muslim Siregar, SH, Sabtu, (11/11/2023) mengatakan, hal pengamanan ODGJ ini dilakukan oleh anggota untuk menciptakankan rasa aman dan nyaman di desa Blang Balok khususnya dan Kecamatan Peureulak umumnya, agar warga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

“Kami mengapresiasi kerja sama yang erat antarinstansi dalam penanganan kejadian ini. Harapannya agar masyarakat lebih peka terhadap kondisi sosial dan kesehatan warga di sekitarnya, terutama mereka yang membutuhkan perhatian khusus seperti ODGJ,” kata Kapolsek.

Menurutnya, Keberhasilan evakuasi ini menunjukkan pentingnya kolaborasi antarinstansi dan sektor kesehatan dalam menghadapi situasi yang sensitif.

“Hal ini juga mengingatkan kita tentang perlunya pemahaman dan empati terhadap kondisi mental seseorang, serta perlunya dukungan fasilitas kesehatan yang memadai.” Terang Kapolsek Peureulak AKP Muslim Siregar, S.H. (Iwan Gunawan).