Polres Aceh Timur Gelar Pelatihan Polisi RW, Terobosan Baru Jaga Kamtibmas

Tribrata News Polres Aceh Timur Polda Aceh-Polres Aceh Timur menggelar Pelatihan dan Bimbingan Polisi RW sebagai upaya mewujudkan situasi Kamtibmas demi keamanan, rasa nyaman, dan kondusifitas lingkungan.

Polisi RW yaitu polisi yang ditugaskan di wilayah tempat tinggalnya, bertanggungjawab melaksanakan tugas Kepolisian di lingkungan.

Pelatihan sekaligus bimbingan yang berlangsung di Aula Bhara Daksa pada hari Rabu, (20/09/2023) pagi ini dipimpin oleh Wakapolres Aceh Timur Kompol Muhammad Aidil, S.H.,S.I.K. didampingi Kabag SDM Kompol Marzuki dan Kasat Binmas AKP Muhammad Daud, S.H.

Saat membuka kegiatan, Wakapolres mengatakan, Polisi RW ini merupakan program unggulan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

“Pembentukan Polisi RW merupakan program terbaru dari Bapak Kapolri untuk masing-masing Polres di seluruh Indonesia oleh karena itu, kami minta kepada personel yang ditunjuk untuk mengemban tugas sebagai Polisi RW agar mendengarkan, dan memahami apa yang disampaikan narasumber sebagai acuan untuk pelaksanaan tugas di lapangan.” Kata Wakapolres.

Sementara itu Kasat Binmas Polres Aceh Timur AKP Muhammad Daud, S.H. selaku narasumber, menyampaikan Polisi RW yang ditunjuk adalah ujung tombak terdepan di masyarakat. Sebab, bertugas di tempat tinggalnya sendiri dengan radius wilayah kerja tingkat RW. Tujuannya, untuk memudahkan menjalin komunikasi dengan masyarakat, namun tidak meninggalkan tugas pokoknya sebagai personel Polres Aceh Timur.

“Kita harus menjaga situasi Kamtibmas agar tetap terjaga dengan aman, nyaman dan kondusif. Oleh karena itu, sebagai anggota Polri harus bisa menjaga komunikasi bersama warga dengan baik, khususnya di wilayah hukum Polres Aceh Timur. Diharapkan nantinya sekecil apapun informasi itu dapat ditampung dan diserap langsung dari masyarakat,” ujar Kasat Binmas.

Diharapkan kepada Polisi RW yang telah ditunjuk selalu berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas yang mengemban fungsi Kepolisian di tingkat gampong. Terang Kasat Binmas Polres Aceh Timur AKP Muhammad Daud, S.H. (Iwan Gunawan).