Polsek Peudawa Polres Aceh Timur Gencar Patroli Pesisir, Cegah Kedatangan Rohingya

Tribrata News Polres Aceh Timur Polda Aceh – Guna mencegah kedatangan imigran etnis Rohingya, Polres Aceh Timur Polda Aceh dan Polsek jajaran yang memiliki wilayah garis pantai gencar melakukan patroli 24 jam. Langkah ini dilakukan sebagai respons setelah dua kali imigran gelap masuk melalui jalur laut ke wilayah Madat dan Darul Aman beberap waktu yang lalu.
Seperti yang dilakukan oleh anggota Polsek Peudawa pada Selasa, (30/01/2024) dini hari yang menyisir sejumlah dermaga tradisional di wilayah tersebut.
“Memang, ada beberapa gampong di wilayah kami yang berbatasan dengan perairan Selat Malaka, oleh karena itu ada peningkatan kewaspadaanya, terkait pengungsi Rohingya. Bukan tidak mungkin, Peudawa jadi jalur masuk pengungsi, karena belum lama ini ada pengungsi Rohingya yang masuk di wilayah Madat dan Darul Aman melalui jalur laut,” kata Kapolsek Peudawa Hendra Kurniawan.
Menurutnya, dengan melakukan patroli secara rutin ke sejumlah dermaga tradisional, ini sebagai upaya mencegah imigran gelap masuk ke wilayah Aceh Timur, sekaligus menjaga stabilitas dan keamanan wilayah.
“Patroli yang ditingkatkan ini merupakan langkah positif dalam memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat setempat (pesisir) serta menjaga keamanan wilayah,” terang Kapolsek. (Iwan Gunawan).