Sat Samapta Polres Aceh Timur Intensifkan “Patroli Blue Light’’ Selama Bulan Ramadhan

Tribrata News Polres Aceh Timur Polda Aceh-Sat Samapta Polres Aceh Timur Polda Aceh mengintensifkan kegiatan “Patroli Blue Light” terutama pada malam hari saat masyarakat tengah melaksanaan ibadah serta di jam-jam rawan di bulan Ramadhan 1445 H tahun ini.

Kasat Samapta Polres Aceh Timur, Iptu Teuku Nasli, S.H. menjelaskan, Patroli Blue Light digelar sebagai salah satu upaya pihak Kepolisian dalam rangka menciptakan kondisi guna menjadi situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di daerah ini selama bulan puasa bisa tetap kondusif.

“Pelaksanaan Patroli Blue Light sudah ada Standar Operasional Prosedur (SOP). Dengan fokus memberikan imbauan secara humanis, komunikatif dan menghindari tindakan yang kontra produktif kepada masyarakat,” kata Nasli, Senin, (01/04/2024).

Kegiatan patroli sendiri dimulai sejak sore hari menjelang waktu berbuka puasa. Digelar untuk mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas menjelang berbuka puasa. Dilanjutkan dengan pengamanan selama kegiatan Shalat Tarawih hingga tengah malam.

“Untuk kegiatan di malam hari, itu dalam rangka antisipasi kejadian 3C (curas,curat dan curanmor). Kemudian antisipasi balap liar serta tindak kriminalitas lainya serta melakukan patroli ke sejumlah fasilitas umum, fasilitas sosial serta tempat keramaian,” ujar Kasat Samapta.

Disebutkan, salahsatu sasaran patroli adalah ke sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang ada di wilayah hukum Polres Aceh Timur dengan tujuan untuk menjaga terjadinya gangguan kamtibmas.

“Misalnya penyalahgunaan BBM subsidi sehingga bisa mengakibatkan kelangkaan atau antrean panjang di SPBU, apalagi menjelang Hari Raya Idul Fitri yang tinggal hitungan hari saja lagi,” sebut Nasli.

Menurutnya, patroli tersebut dilakukan juga untuk memastikan bahwa tidak ada praktik kecurangan yang dilakukan di SPBU tersebut.

“Ini dilakukan untuk memastikan bahwa tidak ada praktik-praktik kecurangan oleh pihak SPBU dan juga memastikan masyarakat terlayani dengan baik,” sambung Kasat Samapta.

Dalam pelaksanaannya, personel Sat Samapta Polres Aceh Timur juga menyampaikan pesan kamtibmas kepada pihak SPBU dengan mewanti-wanti kepada pengelola agar menjalankan usahanya dengan mematuhi aturan yang ada.

“Momen Ramadhan ini harus benar-benar dapat kita manfaatkan untuk banyak melakukan kebaikan, dengan memberikan pelayanan yang baik, masyarakat puas, maka secara tidak langsung kita telah melakukan kebaikan.” Terang Kasat Samapta. (Iwan Gunawan).